sistem informasi sumber daya manusia

SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA

Pengertian Sumber Informasi Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada suatu lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi SDM adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.

Menurut Enslikopedia Wikipedia Sistem Informasi SDM merupakan sebuah bentuk interseksi atau pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknik informasi. Sistem Informasi  SDM itu sendiri adalah prosedur sistematik untuk pengumpulan, menyimpan, mempertahankan, menarik dan memvalidasi data yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk mempunyai kemampuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan atau pilihan banyak orang yang lebih berhubungan dengan aktivitas perencanaan SDM baru.

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia memberikan informasi kepada seluruh manajer perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia perusahaan. HRIS sebagai unit organisasi yang terdiri dari personel yang mengelola data sumber daya manusia dengan menggunakan teknologi komputer dan non komputer.

Tiap perusahaan memiliki sistem untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi itu kepada pemakai. System ini dinamakan system manajemen sumber daya manusia (human resource information system) atau HRIS.

SISTEM Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM/HRIS) merupakan sebuah bentuk interaksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. System ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun system pemerosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).

FUNGSI Sumber Daya Manusia

Fungsi sumber daya manusia memiliki empat kegiatan utama:

  1. Perekrutan dan penerimaan (recruitment and hiring). SDM membantu membawa pegawai baru ke dalam perusahaan dengan memasang iklan lowongan kerja do Koran, dll. SDM selalu mengikuti perkembanganterakhir dalam peraturan pemerintah yang mempengaruhi praktek kepegawaian dan menasehati manajemen untuk menentukan kebijakan yang sesuai.
  2. Pendidikan dan Pelatihan. Selama periode kepegawaian, SDM dapat mengatur berbagai program pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja pegawai.
  3. Manajemen Data. SDM menyimpan database yang berhubungan dengan pegawai, dan memproses data tersebut untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.
  4. Pemberhentian dan Administrasi Tunjangan. Selama seseorang dipekerjakan oleh perusahaan, mereka menerima paket tunjangan seperti, RS, Asuransi dokter gigi dan pembagian keuntungan yang semakinsulit administrasinya.

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia adalah suatu program aplikasi computer berisikan program (system) tentang manajemen sumber daya manusia yang dapat membantu kelancaran perusahaan dalam mencapai tujuannya, karena program aplikasi ini dapat memproses data secara cepat dan akurat. System informasi sumber daya manusia membentuk wahana pengumpulan, peringkasan dan penganalisaan data yang berhubungan erat dengan sumber daya manusia. Adapun beberapa data yang diolah antara lain:

  1. Data SDM

-          Biografi

-          Keluarga

-          Pekerjaan

-          Cuti

-          Pendidikan

  1. Mutasi

-jabatan

- pangkat dan golongan

  1. Masa Pensiun
  2. Laporan-Laporan terkait.

Kegunaan sistem informasi sumber daya manusia

Sistem informasi SDM merupakan serangkaian proses yang mencakup pada pengumpulan bahan, peringkasan, dan penganalisaan data berhubungan erat dengan manajemen SDM dan perencanaan SDM. Aktivitas-aktivitas recruitment, seleksi pelatihan dan pengembangan, manajer karier, kompensansi dan hubungan karyawan juga menuntut informasi yang tepat waktu dan akurat untuk pengambilan keputusan-keputusan. System informasi sumber daya manusia dirancang untuk membantu para manajer membantu membuat keputusan-keputusan yang lebih efektif. Oleh karena itu, jika hal ini merupakan penyerobotan privasi pribadi, informasi tersebut hendaknya tidak dimasukan SISDM.

Sebagai alat penilaian suplai SDM, system informasi SDM memungkinkan perusahaan menyimpan data persediaan tenaga ahli (skill inventory) dan persediaan manajemen (manajemen inventory) dalam cara paling sesuai dengan kebutuhan perencanaan SDM. Manfaat-manfaat khusu dari system informasi SDM adalah menilai suplai SDM yang meliputi:

  1. Memeriksa kapabilitas karyawan-karyawan saat ini guna mengisi kekosongan yang diproyeksikan di dalam perusahaan
  2. Menyoroti posisi-posisi yang para pemegang jabatannya diperkirakan akan dipromosikan, akan pensiun atau akan diberhentikan.
  3. Menggambarkan pekerjaan-pekerjaan yang spesifik atau kelas-kelas pekerjaan yang mempunyai tingkat perputaran, pemecatat, ketidakhadiran, kinerja dan masalah yang tinggi yang melebihi kadar normal.
  4. Mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan recruitment, seleksi, pelatihan dan pengembangan dalam rangka memastikan penempatan yang tepat waktu karyawan-karyawan bermutu ke dalam lowongan pekerjaan.
  5. Perencanaan sumber daya manusia untuk mengantisipasi pergantian-pergantian dan promosi-promosi.

Proses dalam ruang lingkup manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang dinamis mengikuti perubahan yang terjadi  dalam suatu pemerintah. Dimana keadaan yang dinamis tersebut akan banyak berpengaruh pada teknologi system informasi yang akan digunakan. Oleh sebab itu proses apa yang dapat dilakukan oleh sebuah system sumber daya manusia akan sangat banyak tergantung pada model data yang dibentuk untuk kebutuhan tersebut umumnya pada sebuah system kepegawaian, terdapat suatu bentuk model data, yang pada dasrnya mencangkup proses-proses yang berhubungan dengan hal sebagai berikut:

  1. Perencanaan sumber daya manusia
  2. Administrasi personalia
  3. Kompensasi dan benefit
  4. Pendidikan dan pelatihan
  5. Pemutusan hubungan kerja/ pensiun.

Dimana keenam proses tersebut diatas adalah proses-proses yang berhubungan dengan kegiatan manajemen kepegawaian disuatu pemerintahan. Dimulai dari sejak menentukan kebutuhan tenaga kerja, pemenuhan kebutuhan tersebut (recruitment), sampai dengan berakhirnya masa kerja seorang paegawai.

Keuntungan sistem informasi sumber daya manusia yaitu:

  1. Kemudahan dalam pengelompokan informasi, karena sebagian besar informasi menggunakan kode.
  2. Mempercepat pengisian dan akurasi data, sebab operator tidak perlu mengingat
  3. Daftar kode yang diperlukan untuk pengisian data, semua data dapat diperoleh secara cepat oleh system.
  4. Tampilan grafis dalam pemasukan data, sehingga membantu pemakaian dalam pengoperasiannya
  5. Jumlah data yang direkam per transaksi lebih sedikit dengan pengkodean

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_sumber_daya_manusia

 

Sedarmayanti.(2007).Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Aditama

http://antordo.blogspot.com/2009/10/sistem-informasi-sumber-daya-manusia.html

 

 

yunita puspaningrum  (10507270)

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: